Terminologi manajemen komunikasi jelas berbeda dengan komunikasi manajemen. Pada istilah pertama, cakupan proses dan tindakan komunikasi yang dianalisis meliputi berbagai spesialisasi komunikasi dan konteks komunikasi. Istilah yang kedua cakupan proses dan tindakan komunikasinya terbatas dalam lingkup komunikasi organisasi. Bila yang dikehendaki adalah pengembangan subdisiplin komunikasi yang berorientasi pada proses pengelolaan komunikasi dalam konteks yang luas maka istilah Manajemen Komunikasi paling tepat untuk digunakan. Demikian sebaliknya, bila yang dikehendaki adalah pengembangan disiplin komunikasi profesional di bidang manajemen, bisnis, atau organisasional maka istilah komunikasi manajemen dianggap paling sesuai.
Ada kesan bahwa pemberian nama manajemen komunikasi cenderung menempatkan disiplin manajemen sebagai fokus kajian utamanya sementara disiplin komunikasi dianggap sebagai pelengkap saja. Sehingga konsekuensinya subdisiplin tersebut lebih layak berada di bawah fakultas ekonomi daripada fakultas ilmu komunikasi. Secara logis pernyataan ini memang ada benarnya. Namun faktanya penamaan seperti itu hampir tidak pernah dipersoalkan secara internasional. Di University of Technology Sydney dan Bond University, Australia misalnya, program studi Manajemen Komunikasi ditempatkan di lingkungan Faculty of Social Sciences and Humanities. Demikian halnya di Amerika Serikat, Program Studi manajemen komunikasi ditempatkan sebagai bagian Annenberg School of Communication di University of Southern California. Sementara itu, program studi Komunikasi Manajemen justru ditempatkan di School of Management, hal ini berlaku misalnya untuk Waikato University New Zealand. Kenyataan seperti ini juga terjadi di berbagai universitas di Eropa dan Canada. Walhasil mempersoalkan penempatan jurusan manajemen komunikasi apakah harus di fakultas ekonomi atau di fakultas ilmu komunikasi dianggap kurang produktif. Terlebih bila kita melihat kenyataan perkembangan ilmu yang semakin interconnected dimana satu disiplin ilmu bersinergi dengan disiplin ilmu lain untuk menciptakan subdisiplin ilmu baru guna menjawab berbagai tuntutan dan tantangan kehidupan sosial yang semakin kompleks. Walaupun perbincangan tentang penempatan subdisiplin manajemen komunikasi dinilai kurang produktif. Namun penjelasan tentang penempatan program studi yang berlaku secara internasional tampaknya perlu disampaikan. Sejauh yang bisa diamati, di dunia internasional dewasa ini penempatan suatu subdisiplin ilmu baru (yang terbentuk karena memadukan dua disiplin) umumnya didasarkan dua pertimbangan; pertama, apa yang menjadi fokus utama (objek formal) kajian baru tersebut. Meski berbagai subdisiplin ilmu terapan yang muncul belakangan ini sebagian bersifat perpaduan dua disiplin ilmu, pada kenyataannya selalu dapat diidentifikasi disiplin ilmu mana yang menjadi fokus perhatian utamanya.
Kajian manajemen komunikasi adalah fenomena/peristiwa komunikasi, sedangkan disiplin manajemen hanya diperlakukan sebagai tool of analysis tambahan yang fungsinya memperkaya dan mempertajam analisis terhadap berbagai fenomena komunikasi.
Sumber : Tulisan Dr. Antar Venus M.A. pada Jurnal Komunikasi Dan Informasi Edisi September, 2008
Playtech Casinos & Slots - Mapyro
BalasHapusPlaytech Casino Games 하남 출장안마 · Best Casinos to 사천 출장샵 Play · Betfair Casino · 안성 출장샵 Golden 경상남도 출장안마 Nugget Casino · The Party Casino · Slotozilla 목포 출장샵 Casino · BetVictor Casino.